Subscribe:

Ads 468x60px

'

Minggu, 27 November 2011

Perbedaan Bahasa Program C dan C++

Bahasa C adalah salah satu bahasa pemrograman kompter yang dirancang oleh Dennis M.Ritchie, yang merupakan staf AT&T Bell Laboratories di Jew Jersey, pada tahun 1972. Bahasa C semula dirancang untuk digunakan didalam pengembangan piranti lunak sistem yang berjalan sistem operasi UNIX, bukan untuk belajar menulis program komputer.

Walaupun bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) namun bahasa ini memungkinkan system komputer programmer untuk mengakses perangkay komputer, memiliki intruksi untuk mengendalikan proses dan menyediakan sejumlah struktur data. Berdasarkan jenis paradikma pemrograman bahasa C termasuk kelumpok imperative programmming language.

Publikasi bahasa C dilakukan oleh Brian W.Kernighan dan Dennis M.Ritchie melalui buku The C programming Language pada tahun 1978. Versi C ini di istilahkan dengan versi K&R. Pada tahun 1982 komisi X3J11 dari American National Standart Institute (ANSI) menyusun formal bahasa C yang selesai pada tahun 1989. Pada tahun 1999 dilakukan pembaharuan bahasa baku dan tercantum pada dokumen ISO/IEC 9899:1999 . Standar ini dikenal sebagai C99.

Sejak tahun 1980, bahasa C banyak digunakan pemrogram di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.
Sedangkan bahasa C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang sebagian besar elemen bahasanya meminjam elemen bahasa C . C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).

Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objeknya (Object Oriented Programming).


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

untuk pertanyaan dan komentar silahkan pada form dibawah ini.